Mesin Mobil-mobil yang Dianggap Gagal


 Sumber: saporoshez-968.de

Mesin mobil, bagaimanapun adalah buatan manusia yang kadang penuh dengan kekurangan. Beberapa dari mesin mobil berikut ini dianggap payah dan gagal oleh produsen serta penggunanya. Apa saja kira-kira?

Trabant 500-600-601 (1957-1991)
Trabant adalah simbol kebanggan otomotif negeri Jerman Timur sebelum runtuhnya Tembok Berlin yang hingga kini dianggap kuno dan payah. Mesinnya hanyalah two-stroke 2 silinder dengan kekuatan 30 tenaga kuda dan pemilik mobil ini harus menambahkan oli ke dalam tangki bensin setiap habis isi ulang. Asap tebal yang keluar dari knalpotnya mempunyai kadar polusi 5 kali lebih banyak dibanding mobil konvensional lain.

Chrysler 2.2L (1981-1985)
Diperkenalkan dalam seri K-Car yang terkenal, mesin ini juga dipakai untuk Dodge Aries dan Plymouth Horizon. Pada tahun 1984, meski kehandalannya dipertanyakan, para insinyurnya tetap nekad memasangkan turbo pada mesin ini, yang berujung pada kegagalan total.

Vega 140 2.3L atau GM 2300 (1970-1977)
Menggunakan silikon untuk mengurangi biaya produksi ternyata mendatangkan petaka. Mesin ini rentan untuk terlalu cepat panas berlebih, yang membuat kerusakan dan gangguan pada blok mesin serta silinder-silindernya.

Cadillac HT-400 (1982-1988)
Meskipun termasuk inovasi teknologi yang dianggap maju pada jamannya, mesin ini rentan terhadap kerusakan dan berbagai masalah lainnya. Terdapat cacat pada segel intake manifold-nya, pompa bahan bakar yang tidak bekerja dengan baik dan resiko runtuh pada blok mesin karena proses pencetakan besi yang tak sempurna.

Triumph Stag 3.0L V8 (1971-1977)
Stag awalnya dibuat untuk menyaingi mobil mewah seperti Mercedes-Benz SL. Para insinyur pengembangnya mencoba memodifikasi mesin dan memperbesar ukuran silindernya menjadi 3.0L yang ironisnya, terbukti mendatangkan banyak masalah seperti overheating serta kerusakan pada berbagai komponen dalam mesinnya.

Hyundai Excel 1.5L 4 CYL
Kebocoran pada oli dan cairan pendingin menjadi penyakit utama dari mesin yang terlalu cepat panas ini. Excel pada awalnya begitu popular, namun kegagalan mesin di atas akhirnya mempengaruhi penjualannya.

0 komentar:

Posting Komentar