Petunjuk untuk Mencuci Mobil Sendiri Layaknya Seorang Pro


 Sumber: stoptheridiculousness.org

Mencuci mobil sendiri bisa jadi adalah salah satu bentuk 'kasih sayang' Anda dengan mobil. Agar proses keakraban Anda dan mobil ini lebih sempurna, dibawah ini ada beberapa petunjuk simpel untuk mencuci mobil layaknya pro.

Gunakan metode yang tepat
Cuci mobil dengan  urutan sebagai berikut: roda/ban, body/cat, interior, dan terakhir, kaca-kaca. Percayalah, urutan yang salah bisa menyebabkan waktu mencuci lebih lama karena adanya proses cuci-ulang-cuci pada beberapa bagian.

Siapkan ember dan sarung cuci/kain cuci yang berbeda untuk masing-masing bagian mobil
Jangan dicampur. Kotoran berupa tanah, kerikil kecil, lumpur, dll dari ban dapat merusak cat dan body mobil Anda. Gunakan ember dan sarung tangan cuci/kain cuci yang berbeda antara ban/roda, body dan bagian-bagian lainnya.

Pakai wheel woolies untuk membersihkan ban/pelek
Agar keseluruhan bagian roda, ban dan pelek bersih sempurna, gunakan sikat yang didesain khusus ini.

Untuk cat body mobil, selalu gunakan lap microfiber, bukan spons
Lap microfiber ideal untuk mencuci dan juga mengeringkan karena kemampuannya dalam mengangkat dan melepaskan kotoran. Gunakan microfiber dengan berat 300-400 gram karena akan lebih lembut untuk cat.

Gunakan wax spray atau pengering hydrophobic
Selain 'mengangkut' kotoran kecil yang mungkin saja tertinggal saat proses pencucian, komponen ini juga berguna untuk membantu perlindungan cat di body mobil.

Tembakkan udara dengan vacuum blower
Arahkan udara dari vacuum ke tempat-tempat seperti kaca spion dan lampu-lampu setelah mencuci. Hal ini untuk melepaskan air yang terperangkap di tempat-tempat tersebut sebelum Anda mulai manjalankan mobil. Gunakan juga 'tembakan udara' dari vacuum untuk bagian-bagian sulit seperti ventilasi udara, celah-celah dan jarak renggang di interior.

0 komentar:

Posting Komentar