Ingin Mobil Awet Selalu? Perhatikan Faktor-faktor Ini


Sumber: static.ae.groupon-content.net

Jika ingin performa mobil terjaga, setiap pemilik mobil harus memperhatikan betul komponen apa saja yang harus dirawat, diperiksa dan diperbaiki. Hal tersebut juga dapat mengurangi Anda mengunjungi bengkel lebih sering dan merogoh kocek lebih dalam. Apa saja yang harus diperhatikan?

Mengabaikan jadwal pemeliharaan
Setiap produsen mobil selalu merekomendasikan jadwal pemeliharaan untuk menjaga mobil tetap dalam kondisi baik dan mendeteksi adanya gejala-gejala masalah. Namun sayangnya, 75% dari pemilik mobil tidak pernah mengikuti rekomendasi ini dan lebih memilih untuk menyalahkan produsen apabila ada masalah pada mobil mereka.

Terlalu cuek
Banyak pemilik mobil memiliki sikap tidak terlalu memperdulikan masalah kecil dan terus saja memaksa mobil untuk beroperasi sampai kabel-kabel dan tombol kontrol terbakar habis (misalnya). Hal ini sama saja seperti mengabaikan gejala penyakit pada tubuh yang mungkin saja bisa berakibat fatal. Sikap cuek ini tak hanya dapat menambah ongkos pemeliharaan mobil, namun juga mengurangi performa dan membuat Anda harus mengunjungi bengkel lebih sering.

Tidak pernah memeriksa tekanan dan kondisi ban
Banyak pemilik mobil tidak pernah memeriksa berapa tekanan ban dan kondisinya. Padahal, hal tersebut dapat menimbulkan keausan dini. Selain itu, cara mengemudi dan mengerem yang tidak benar juga akan berpengaruh negatif pada kondisi ban mobil Anda.

Mengganti oli mesin pada waktunya
Ini hal yang amat penting, pasokan oli yang bersih dan tepat waktu akan meningkatkan umur powertrain mobil Anda. Untunglah teknologi modern mobil yang ada saat ini telah bisa mengingatkan para pemilik mobil kapan harus mengganti oli. Ada banyak sekali faktor yang mempengaruhi kondisi oli, mulai dari cuaca, kebiasaan Anda dalam mengemudi dan jenis oli yang digunakan.

Kondisi lampu-lampu
Sekitar 90% orang mengabaikan kondisi lampu-lampu pada mobil mereka meskipun komponen ini terbukti penting pada segala situasi. Idealnya, kondisi lampu bahkan harus diperiksa minimal sekali seminggu. Arahkan lampu mobil Anda ke tembok dan periksalah kondisi sinarnya, lampu tanda belok, lampu rem, dan perbaiki segera bila ada masalah yang terdeteksi.

Muatan yang berlebih di mobil dan bagasinya
Percaya atau tidak, muatan pada mobil dan bagasi yang terlalu banyak akan bisa mempercepat panas berlebih pada mesin mobil Anda. Sistem pendingin mobil juga akan bekerja lebih keras serta dapat meningkatkan resiko rusaknya poros mobil, frame yang melengkung dan membuat ban lebih cepat usang. Kurangi beban bawaan pada mobil dan bagasinya segera, terutama barang-barang yang tak terpakai lagi.

Terus memaksa menyetir saat mobil sudah overheat
Jangan sekali-kali memaksa untuk menjalankan mobil Anda ketika mobil sudah mulai panas lebih dari biasanya (overheat). Hal tersebut dapat merusak powertrain pada mesin dan menambah biaya pemeliharaan.

Filter udara dan bahan bakar yang bagus
Filter udara dan bahan bakar yang tetap bersih akan menambah umur mobil. Percayalah. Bersihkan atau ganti filter dengan yang baru (bila sudah saatnya). Pilih yang berkualitas bagus supaya awet dan biaya perawatan mobil dapat dikurangi.

Pilih bengkel yang berkualitas
Selalu pilih untuk mempercayakan perawatan mobil Anda pada bengkel yang berkualitas, terpercaya dan bersertifikat. Cek online dari berbagai situs dan forum serta berkonsultasilah dengan teman untuk mendapatkan bengkel yang handal.

Garasi adalah "rumah" mobil Anda
Selalu parkir mobil di garasi. Jagalah juga kebersihan garasi agar mobil selalu berada dalam "lingkungan" yang terawat. Garasi akan melindungi mobil Anda dari jahatnya pergantian temperatur yang tiba-tiba dan cuaca ekstrem (panas dan dingin berlebih).

0 komentar:

Posting Komentar