Kenali Minyak Rem Mobil Anda


Kenali Minyak Rem Mobil Anda
(foto: driversedguru.com)

Tak dapat dipungkiri, bahwa rem merupakan salah satu komponen terpenting pada kendaraan mobil Anda. Untuk itu, selain disarankan mengenal jenis-jenis rem atau mekanisme rem, Anda juga perlu mengetahui aneka ragam minyak rem yang ada pada saat ini. Umumnya, minyak rem menggunakan kode standar DOT (Department of Transportation), di antaranya DOT 3, DOT 4, dan DOT 5. Semakin tinggi maka semakin encer minyaknya dan semakin tinggi pula level ketahanan temperaturnya.

Dalam pemilihan minyak rem yang cocok dengan mobil Anda, disarankan Anda selalu membaca referensi jenis minyak rem yang tercantum pada buku manual kendaraan. Untuk pemeliharaan rem agar selalu berfungsi dengan baik, maka lakukanlah hal berikut:

  • Membersihkan piringan rem dengan hembusan kompresor agar rem bersih dari kerikil-kerikil dan debu-debu yang menempel.
  • Cek level kerataan piringan rem tiap 25.000 km. Serta periksa selalu kondisi sepatu rem/brake pad tiap kelipatan 10.000 km.
  • Khusus di jalan turunan, untuk meningkatkan kinerja rem, manfaatkanlah engine brake, yakni dengan menggunakan gigi rendah sambil menahan RPM agar mesin kendaraan bisa menahan laju mobil Anda, sebelum membantu rem bekerja. Terakhir, waspadalah dengan kondisi rem panas. Pastikan Anda tidak melewati genangan air karena dapat menyebabkan keretakan pada besi rem itu sendiri.
  • Jika ini terjadi maka kemungkinannya akan terjadi kerusakan berupa lempengan besi menjadi tidak rata, selain tentunya menyebabkan rem Anda akan bergetar.





(sumber: otosia.com)


0 komentar:

Posting Komentar