Deretan Convertible Klasik Terbaik (Bagian I)


Sumber: blueskyclassiccars.com

Berkendara dengan mobil convertible (tanpa atap) selalu mempunyai gaya dan kenikmatan tersendiri. Dalam perjalanan industri otomotif yang sudah berusia hampir 100 tahun, tak terhitung banyaknya mobil convertible yang muncul di pasaran. Namun, beberapa nama dari mobil tersebut patut tercatat dalam sejarah karena berbagai alasan positif.

1966-1969 Alfa Romeo Spider (Duetto, Veloce)
Didesain dan diproduksi oleh rumah desain Italia, Pininfarina. Mempunyai dua tipe yaitu Duetto dan Veloce. Spider adalah model terakhir dimana desainer legendaris Battista "Pini" Farina terlibat didalam produksi.

1958-1961 Austin-Healey Sprite Mark I
Berkat lampunya yang mirip mata kodok dan grill yang membuatnya seperti tersenyum, Sprite menjadi roadster asal Inggris paling diingat pada masanya. Memiliki panjang hanya 137.0 inci, mobil dua kursi ini mempunyai mesin sekuat 43 tenaga kuda dan 948cc.

1959 Cadillac Eldorado
Dengan sirip besar dan lampu belakangnya yang bergaya mirip peluru, Eldorado adalah salah satu mobil paling gaya dan canggih pada masanya. Pada tahun 1997, convertible ini bahkan muncul pada serial TV adaptasi novel karya Stephen King, "The Shining".

1967 Ferrari 275 GTS NART Spyder
Bermesin 3285cc DOHC V-12 dengan 6 Weber karburator yang mampu menghasilkan kekuatan sebesar 300 tenaga kuda, Spyder diklaim mampu melaju hingga 166 mil/jam. Hanya dibuat sebanyak 10 buah, saat ini mobil aslinya dihargai hingga sekitar 20 juta US dollar.

1965 Ford Mustang Convertible
Sejak kemunculan pertamanya di ajang New York World's Fair 1964, Mustang 1965 perlahan menjadi salah satu mobil buatan Amerika Serikat yang paling iconic sepanjang sejarah. Kemunculan model convertible-nya justru makin menambah pesona mobil ini.

0 komentar:

Posting Komentar