Ini Dia Para "Pengubah Arah Permainan" di Industri Otomotif


Sumber: tradebit.com

Mewakili beberapa pemikiran visioner produsen mobil, ada produk-produk mereka yang sampai bisa 'membentuk' pasar dunia otomotif. Bahkan, merk mobil-mobil ini kadang memaksa para kompetitor untuk mengekor dan mencontoh produk mereka. Nama-nama di bawah ini adalah para pionir tersebut.

Ford Model T
Ford Model T mengubah pasar dengan banyak alasan. Ia adalah mobil dengan harga terjangkau pertama yang diproduksi secara massal. Popularitasnya membuat T Model diproduksi sampai 15 juta unit sebelum prosesnya dihentikan pada tahun 1927.

Cherokee Jeep
Sejak Cherokee pertama kali muncul lebih dari 30 tahun yang lalu, pasar mobil SUV menjadi segmen dengan pertumbuhan tercepat di industri otomotif saat ini. Semua berkat Cherokee.

Lexus LS 400
Tidak berlebihan rasanya jika kita menganggap Lexus telah mengubah cara pandang para produsen mobil mewah. Selama 11 tahun lebih, LS 400 memimpin penjualan sedan mewah di pasar Amerika. Mesin sedan ini begitu halus dan 'misterius', namun tetap mampu menyaingi kemampuan produk kompetitor yang berharga lebih mahal.

Acura NSX 1991-2005
Tujuannya jelas; menyaingi Ferrari dan Lamborghini dalam kelas sports car. Luar biasanya, NSX mampu melakukannya dengan berbagai modifikasi di mesin V6 dari Honda serta penggunaan aluminium monocoque chassis pertama di mobil produksi massal. NSX telah mengubah cara pandang orang tentang supercar dan dianggap salah satu sports car terbaik yang pernah dibuat.

Mazda MX-5 Miata
Konsep Miata sebenarnya tidak terlalu revolusioner. Tapi eksekusi-nya yang luar biasa. Ini adalah roadster yang membuat orang seakan lupa dengan angka atau harga. Ini adalah mobil yang membuat orang gembira. Percaya atau tidak, formula tersebut berhasil, Miata sukses menjadi "The Best Selling Two-seat Sports Car in history" menurut Guinness Book of Records.

Toyota Prius
Adalah pertanda nyata kesuksesan produksi massal mobil hibrida di pasar Amerika dan dunia. Total penjualannya hingga Januari 2014 telah mencapai 6 juta unit. Kesuksesan Prius ini tidak hanya menghantui puluhan kompetitor, namun juga mengganggu pikiran produsen-produsen hybrid supercar seperti Porsche, McLaren dan Ferrari.

Ford Mustang 1965
Ketika pertama kali menghantam pasar di tahun 1964, the original Mustang langsung menangkap perhatian seluruh kaum muda Amerika dengan gaya khas Eropa-nya. Mustang juga menjadi satu-satunya produk muscle car yang terus diproduksi tanpa terputus selama 50 tahun.

Dodge Caravan/Plymouth Voyager
Saat muncul pertama kalinya, tak ada satupun produsen otomotif di Amerika yang mempunyai produk minivan. Caravan/Voyager muncul disaat yang tepat lalu menjadi pionir. Minivan begitu praktis untuk keluarga. Sliding doors terbukti berguna untuk anak-anak dan saat di tempat parkir. Minivan juga punya space tempat duduk untuk semua anggota keluarga.

0 komentar:

Posting Komentar