Mobil-mobil Koleksi Jay Leno yang Paling Menarik


Sumber: teknikensvarld.se

Selain mungkin lebih dikenal sebagai presenter kenamaan, komedian standup dan sebagai pembawa acara "The Tonight Show", Jay Leno juga mempunyai reputasi yang legendaris di dunia otomotif. Dikenal sebagai seorang penggila otomotif sejati dan kolektor, Jay saat ini sudah mengoleksi 84 mobil dan 73 buah sepeda motor. Berikut ini adalah beberapa kendaraan paling menarik dari koleksinya tersebut.

1986 Lamborghini Countach
Sebuah mobil yang  (mungkin) paling banyak dijadikan poster saat kita kanak-kanak dulu. Tidak hanya memiliki Countach, Jay juga dikabarkan sering mengendarai mobil eksotis ini untuk kendaraannya sehari-hari. Sesuatu yang jarang terjadi untuk kalangan kolektor mobil klasik.

Ariel Atom
Atom adalah mobil sport yang legal untuk dinaiki di jalanan umum (dengan surat-surat khusus tentunya). Jay memiliki sebuah Atom seri tahun 2006.

1909 Stanley Steamer
Salah satu mobil uap yang langka. Meski bukan untuk dinikmati performa kecepatannya (mobil ini bahkan membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk menyalakan mesin!), tetap saja ini mobil klasik koleksi Jay yang amat berharga.

Blastolene Special (Tank Car)
Ini dia mobil koleksi Jay yang masuk kategori "tak dapat dikontrol". Kenapa begitu? Tentu karena mobil kreasi Blastolene Bersaudara ini menggunakan mesin yang biasa dipasang untuk sebuah tank tempur M47! Bayangkan, mobil bermesin tank!

EcoJet
Mobil yang satu ini bahkan belum menjadi sebuah "mobil" seutuhnya. EcoJet adalah sebuah concept car hasil kerjasama Jay dengan pihak General Motors untuk membuat sebuah mobil super cepat yang ramah lingkungan. Jay dan kru-nya memasang sendiri mesin turbin gas yang mendapatkan tenaga dari bahan bakar bio-diesel.

1955 Buick Roadmaster
Ini mobil yang amat istimewa untuk Jay karena menjadi salah satu mobil yang pertama kali ia beli. Jay membelinya pada tahun 1972 seharga 350 US dollar dan menggunakannya untuk berkencan dengan istrinya (saat itu mereka masih berpacaran). Jay telah memodifikasi Buick ini dengan memasangkan sebuah mesin Chevy sekuat 600 tenaga kuda dan suspensi milik Corvette.

Oiya, selain mobil-mobil diatas tadi, seluruh koleksi mobil (dan sepeda motor) milik Jay Leno juga bisa dilihat dalam acaranya bertajuk "Jay Leno's Garage", yang ditayangkan stasiun televisi NBC.

0 komentar:

Posting Komentar