Komponen-komponen Dasar Kendaraan yang Harus Dijaga




Semua orang begitu mengandalkan kendaraan untuk sebuah sarana transportasi yang aman dan nyaman, hingga kadang melupakan kondisinya. Untuk tetap menjaga performa kendaraan terjaga, ada beberapa komponen dasar yang harus selalu diperhatikan sebagai bagian dari perawatan dasar. Berikut ini adalah komponen-komponen tersebut.

Ban - alasan utama keberadaan ban pada kendaraan adalah untuk menghasilkan gerakan ke arah yang diinginkan. Perawatan ban yang baik mencakup pengecekan rotasi, tekanan udara dan penyesuaian keseimbangan untuk daya tahan serta performa ban. Rutinlah melakukan pemeriksaan kondisi ban.

Baterai (aki) - baterai otomotif biasanya memiliki masa pakai sekitar 3-4 tahun. Sekarang ini, sudah tersedia baterai-baterai yang bebas perawatan. Mereka hanya perlu dibersihkan untuk menjaga performa. Jangan lupa untuk mengetes baterai setiap setahun sekali dengan analisis AVR.

Pelumas - dari sumber apapun, semua pasti mengatakan bahwa penggantian oli dan filter pada mesin adalah sebuah keharusan untuk tetap mempertahankan kondisi mesin tetap bagus sekaligus menjaga performa. Baik melakukannya sendiri atau dengan bantuan tenaga mekanik profesional, pastikan Anda tak lupa dengan yang satu ini.

Rem - masalah-masalah yang paling umum terjadi pada rem adalah bunyi-bunyi aneh, getaran dan tarikan tak wajar serta pedal rem yang terlalu keras atau halus saat diinjak. Jika gejala-gejala ini timbul, pastikan Anda segera mengambil tindakan.

Sistem pendingin - pastikan level cairan pendingin (coolant) memenuhi syarat serta cek kondisi semua selang-selang dan kipas radiator. Periksa apakah ada kebocoran atau retak dan bersihkan sirip-sirip radiator. Selalu cek juga temperatur saat mobil beroperasi.

Sistem pengapian - mempunyai busi yang sehat menjamin performa bagus dan penghematan bahan bakar pada kendaraan. Busi, meski kecil bentuknya, tetaplah menjadi komponen kunci dari kompleksnya sistem ini. Mau apapun jenis atau material busi Anda, pastikan keadaannya diperiksa setahun sekali.

Sistem pembuangan - Jika sistem pembuangan ini tak tertutup dengan sempurna, karbon monoksida yang beracun dapat masuk ke dalam ruang kompartemen tempat Anda dan penumpang berada. Gas yang tak berbau dan tak berwarna ini dapat menyebabkan pusing kepala, mual dan bahkan kematian jika dianggap enteng. Dengan bantuan mekanik profesional, periksa kondisi sistem ini setidaknya 2 tahun sekali.

0 komentar:

Posting Komentar