Perawatan Simpel tapi Penting bagi Mobil di Musim Hujan


Sumber: stormvisuals.com

Selamat datang musim hujan. Sekarang-sekarang ini, hampir setiap hari kota tempat kita tinggal diguyur hujan. Bagi Anda yang sehari-harinya mengendarai mobil untuk beraktivitas, apa saja perawatan simpel tapi penting bagi mobil Anda di musim hujan?

Periksa cairan-cairan (fluids)
ada banyak sekali cairan-cairan yang ada di dalam mobil Anda. Mulai dari minyak rem (brake fluid), cairan radiator (radiator coolant/fluid), oli mesin, pelumas-pelumas tambahan, dan masih banyak lagi. Jangan pernah malas untuk memeriksa kondisi berbagai cairan ini secara reguler.

Rawat kaca depan
Sebisa mungkin, pakailah rain repellent agar kaca mobil dan jendela-jendelanya tetap jernih mesipun basah diguyur hujan. Selain itu, pemakaian rain repellent juga mampu menjaga kaca-kaca di mobil dari kotoran, lumpur dan bahkan garam. Pakaikan juga repellent pada wiper blades agar perlindungan lebih maksimal.

Cek kondisi lampu-lampu
Pastikan semua lampu mobil Anda bekerja dengan baik. Segera ganti lampu yang rusak atau sudah tak optimal dengan yang baru. Periksa juga sinar lampu depan Anda mengarah ke arah yang benar.

Jagalah kondisi aki/baterai
Percaya atau tidak, musim hujan bertemperatur dingin dapat memotong performa baterai hingga 50%! Idealnya, umur baterai mobil adalah sekitar 3-5 tahun. Pastikan tak ada korosi pada baterai dan semua sambungannya.

Waxing!
Selain menjaga mobil tetap terlihat licin dan keren, wax terbukti dapat membantu melindungi cat body mobil dari berbagai macam hal, termasuk semua benda/objek kecil tak terlihat yang menghantam mobil Anda saat hujan deras.

Periksa semua ban
Jadikan ini aktivitas perawatan yang rutin. Mulai dari tekanan udara sampai tampilan fisik ban. Ban dengan inflasi yang tepat membuat kontaknya dengan jalan tetap optimal. Hal ini bahkan mampu membantu menghemat bahan bakar.

Pasang keset dari karet di lantai mobil
Meski terdengar remeh, tapi ini adalah cara yang ampuh untuk menghindarkan bagian dalam mobil dari berbagai kotoran, lumpur dan benda lainnya. Keset dari karet juga membantu 'menangkap' air.

0 komentar:

Posting Komentar