Mobil yang Mampu Mengenali Ekspresi Wajah Anda


Sumber: slashgear.com

Sekelompok ilmuwan dari Swiss sedang meneliti hubungan antara keselamatan berkendara bisa ditingkatkan dengan cara memonitor ekspresi wajah si pengemudi. Caranya? Sebuah kamera infra merah ditempatkan di belakang roda kemudi dan diarahkan pada wajah pengemudi. Alat yang mereka sebut On-board Emotion Detector ini adalah sebuah teknologi pengenal ekspresi wajah yang kerap digunakan juga pada pengembangan konsol video games.

Sederhananya, peserta tes yang menjadi subjek penelitian mengemudikan mobil dan kamera menangkap reaksi wajah dari 7 emosi paling universal; takut, marah, senang, sedih, muak, terkejut, dan curiga. Namun, dalam penelitian ini, para ilmuwan hanya memusatkan dalam meneliti 2 ekspresi yaitu marah dan muak.

Saat subjek pebnelitian mulai mengemudi, sistem ini memonitor wajah mereka. Dengan membandingkannya dengan foto dan video yang ada di dalam database, sistem ini mencoba menganalisa keadaan emosional si pengemudi. Meski teknologi ini nampaknya masih mustahil diterapkan pada kendaraan dalam waktu dekat, keberhasilan tes ini dapat menambahkan pilihan teknologi untuk dunia otomotif masa depan yang berkaitan dengan safety driving.

Proyek ini adalah hasil sebuah kolaborasi antara Transportation Center dari EPFL (Ecole Polytechnique Federale de Lausanne - Swiss Federal Institute of Technology) dengan PSA Peugeot Citroen.

0 komentar:

Posting Komentar