Mobil-mobil "Berumur Pendek"


Sumber: remarkablecars.com

Ibarat pepatah "only the good die young", mobil-mobil dibawah ini sempat ada dan diproduksi. Namun karena berbagai penyebab, produksi mobil-mobil ini tiba-tiba terhenti. Berikut adalah beberapa mobil 'berumur pendek' yang mempunyai reputasi handal dan tetap dikenang hingga sekarang.

Tucker 48
Juga dikenal dengan nama Tucker Torpedo, mobil ini lahir dari visi Preston Tucker. Bermesin di belakang, 48 tak hanya cantik dilihat, namun juga penuh dengan inovasi dan fitur keamanan terbaru pada jamannya. Sayang sekali, kondisi ekonomi Amerika Serikat yang sakit dan publisitas yang negatif membuat inovasi-inovasi tersebut tak mendapat perhatian. Pabrik Tucker akhirnya ditutup pada tahun 1949. Karena hanya pernah dibuat sebanyak 51 unit, mobil ini kini menjadi barang lelang yang berharga selangit.

Bricklin SV-1
Malcolm Bricklin adalah tokoh pasar otomotif Amerika Utara. Dibalik kemampuannya berdagang, ternyata ia menyimpan hasrat untuk memiliki merk sports car-nya sendiri. Di tahun 1970 ia akhirnya berhasil membuat SV-1, kependekan dari Safety Vehicle 1. Coupe ini memiliki banyak fitur keamanan yang inovatif seperti roll cage, gull-wing doors dengan pelindung tabrakan samping dan sebagainya. Meski sanggup menjual hingga 3000 mobil, perusahaan Bricklin diklaim bangkrut pada tahun 1976.

Kaiser Darrin
Adalah produk mobil penumpang terakhir yang diproduksi oleh Kaiser Motors. Didesain oleh Howard Darrin yang mengambil ide desainnya dari sebuah lift merk Otis. Sampai produksinya dihentikan di tahun 1954, hanya ada 435 unit mobil ini yang pernah dibuat, menjadikan mobil ini salah satu mobil yang paling diburu dalam acara lelang.

Stout Scarab
Hasil ide dari William B. Stout, yang disebut-sebut menjadi penemu typology minivan. Pertama dibuat dari tahun 1932, body mobil ini mencontoh pesawat terbang, dengan mesin yang ada di bagian belakang. Untuk masa itu, Scarab bisa dibilang penuh dengan inovasi. Ia adalah mobil pertama yang memakai teknologi kontrusksi spaceframe aluminium body dan four-wheel independent suspension yang diadopsi oleh Lamborghini 30 tahun kemudian. Meskipun pada masanya dianggap tak menarik dipandang dan hanya pernah diproduksi sebanyak 9 buah, saat ini Scarab diakui sebagai pionir desain Art Deco di undustri otomotif.

Zimmer Quicksilver
Chassis dan running gear mobil ini adalah hasil 'sumbangan' dari Pontiac Fiero pada tahun 1984. Mesin Pontiac V6-nya dibalut oleh fiberglass body yang dihiasi oleh khrom. Empat tahun kemudian, perusahaannya mengalami kesulitan finansial dan mengumumkan bangkrut. Dengan hanya 200 unit yang pernah dibuat, Quicksilver tentu jarang bisa dilihat di jalanan. Harga yang dipatok di tempat lelang pun begitu tinggi.

Vector W8
Pada tahun 1971, Gerald Weigert hanyalah seorang pria muda dengan sebuah rencana untuk membuat mobil sport. Setelah percobaan berulang-ulang, ia akhirnya berhasil membuat W8. Dilengkapi mesin raksasa 6 liter twin turbocharged milik Ford V8 yang mampu menghasilkan 625 tenaga kuda, Weigert mengklaim ciptaannya ini bisa berlari hingga melebihi 220 mil/jam. Entah kenapa, proses produksinya terhenti sejak tahun 1993, dan hanya ada 17 unit W8 yang pernah dibuat.

0 komentar:

Posting Komentar