Concept One, Mobil Amfibi Listrik untuk Wilayah Rawan Banjir


Sumber: fomm.co.jp

Sebuah city car bertenaga listrik yang juga bisa digunakan di air (mobil amfibi) mungkin terdengar mustahil. Sebuah perusahaan asal Jepang bernama FOMM (First One Mile Mobility) ternyata mampu melakukannya. Setidaknya, mereka saat ini sedang mengembangkan mobil amfibi yang diberi nama Concept One untuk digunakan di wilayah-wilayah rawan banjir di Thailand.

Inspirasi mobil Concept One dan FOMM datang dari sang CEO, Hideo Tsurumaki. Setelah tragedi nuklir Fukushima di tahun 2011, kemungkinan daerah pantai lain di Jepang untuk terkena bahaya tsunami menjadi semakin besar. Karena kampung halaman Hideo terletak di salah satu daerah yang berpotensi terkena bahaya tersebut, muncullah ide untuk membuat sebuah city car yang mampu mengapung di air dan secara perlahan 'berenang' keluar dari area banjir/tsunami.

Concept One digerakkan di air dan di darat oleh dua roda depannya, yang masing-masing mendapatkan tenaga dari sebuah motor listrik 5 kW. Saat di dalam air, daya pendorongnya datang dari kedua tapak ban di kedua roda penggeraknya. Ketika berputar pada kecepatan tinggi, roda depan bertindak layaknya impeller yang menghasilkan gerakan. Tes di dalam air untuk Concept One masih dalam tahap awal, sehingga masih ada kemungkinan untuk mengubah mobil ini menjadi sebuah four wheel drive vehicle.

Mobil amfibi listrik ini mempunyai berat total 460 kg, dengan body yang terbuat dari plastik khusus. Kecepatan puncak Concept One saat di darat adalah 50 km/jam.

0 komentar:

Posting Komentar