Bahaya Mengemudi Mobil Sambil Menggunakan Telepon Genggam


Sumber: thesafetybloke.com

Sering mengemudikan mobil sambil menggunakan telepon genggam? Ada baiknya hal tersebut jangan Anda lakukan lagi karena menurut sebuah penelitian, mengemudikan mobil sambil menggunakan telepon genggam terbukti berbahaya bagi keselamatan Anda dan orang lain.

Penelitian yang diadakan oleh National Safety Council dan AAA Foundation for Traffic Safety Amerika Serikat ini mendapati fakta bahwa otak manusia pada dasarnya tidak bisa melakukan dua buah kegiatan yang membutuhkan fokus secara sekaligus, termasuk berkonsentrasi pada lalu lintas saat mengemudi dan berbicara di telepon. Penelitian yang dibantu juga oleh pihak Utah University ini menemukan bahwa sebanyak 10% dari pengemudi kendaraan terganggu konsentrasinya akibat telepon seluler mereka.

Dalam studi tersebut, mobil yang dipakai untuk tes dipasangi kamera di beberapa sudut, untuk menganalisa gerakan kepala dan bola mata. Sebuah alat bernama EEG digunakan untuk mengawasi kegiatan otak si pengemudi, sementara alat lainnya, Detection-Response-Task, bertugas mencatat reaksi pengemudi terhadap lampu merah dan hijau yang ditempatkan pada area pandang mereka. Lalu, si pengemudi dipaksa untuk menjalankan mobil sekaligus mendengarkan pesan suara, menggunakan sistem aktivasi suara untuk membaca serta merespons email dan tentu saja, berbicara di telepon.

0 komentar:

Posting Komentar