Deretan Produk Otomotif Legendaris Jerman


Sumber: porsche.com

Mengingat sejarahnya yang panjang dan luar biasa, industri otomotif Jerman dianggap salah satu yang terbaik dan terpenting di dunia saat ini. Mobil-mobil Jerman seakan menjadi representasi kata "handal" dan "kualitas". Dengan berbagai alasan yang tidak mengada-ada, mobil produk Jerman bisa dikatakan ada di setiap list dream car banyak orang. Beberapa nama di bawah ini adalah mobil-mobil paling legendaris dari industri otomotif Jerman.

Volkswagen Bulli (Transporter, T2, Kombi)
Van ini adalah model kedua yang ditawarkan oleh Volkswagen setelah Beetle. Diperkenalkan pertama kali tahun 1950, model ini awalnya dianggap gagal, terlebih saat pabrik Volkswagen di Wolfsburg hancur akibat Perang Dunia ke-2. Untunglah seorang importer asal Belanda bernama Ben Pon 'menyelamatkan' ide dasar mobil ini; membuat sebuah utility van dari platform Beetle. Setelah berhasil mengatasi ketidaksesuaian chassis dan sisi aerodinamis, unit pertama Kombi pun dibuat pada November 1949. Bulli adalah salah mobil dengan masa produksi paling awet di dunia, yaitu 64 tahun tanpa henti! Ia meraih puncak kepopuleran seiring dengan gerakan Hippie di tahun 60an.

Audi Quattro
Di tahun 1977, Jorg Bensinger (ahli chassis Audi) dan Walter Treser (Pre-Development Director Audi) mulai mengerjakan proyek untuk membuat sebuah mobil four-wheel drive dengan performa tinggi. Tiga tahun kemudian, Audi Quattro memulai debutnya di Geneva Motor Show 1980 dan membuat para pencinta otomotif antusias. Dilengkapi mesin 197 tenaga kuda dan mampu berlari dari 0 ke 62 mil/jam secepat 7,1 detik, Quattro mempunyai top speed sebesar 135 mil/jam. Meski begitu, tempat dimana Quattro menjadi legenda sebenarnya adalah di arena balap/reli, dengan beberapa gelar bergengsi di era tahun 1982 sampai 1987. Setelah produksinya dihentikan pada tahun 1991, tercatat sebanyak 11,452 unit Quattro terjual di Eropa dan Amerika Utara.

Volkswagen Beetle (VW Kodok, khusus di Indonesia)
Siapa yang tak kenal dengan Beetle? Si legendaris ini pertama muncul tahun 1938, untuk memenuhi permintaan Adolf Hitler akan sebuah mobil rakyat yang terjangkau. Beetle disokong oleh mesin 34 tenaga kuda yang terletak di bagian belakang dan bisa berlari hingga 71 mil/jam. Sama seperti 'sepupunya' si Bulli/Kombi, Beetle juga menjadi salah satu mobil yang paling bertahan lama masa produksinya, dimana unit terakhirnya yang ke 21,529,464, diproduksi tanggal 30 Juli 2003 di Meksiko.

Opel Manta
Dengan sejarah lebih dari 110 tahun bergerak dalam bidang otomotif, tak mungkin kita bisa melupakan Opel. Produsen yang berlokasi di Russelsheim ini meluncurkan Manta pertama kali pada tahun 1970, setahun sesudah Ford memperkenalkan coupe Capri. Manta mempunyai aerodinamika yang superior dan mendapat gelar mobil sports dengan handling terbaik pada masa itu.

Trabant
Mobil paling populer dari negara bekas Jerman Timur. Dibuat oleh VEB Sachsenring Automobilwerke Zwickau di Saxony, Jerman Timur. Unit pertamanya diproduksi pada tanggal 7 November 1957. Sayang sekali, dari semua keunggulan mobil ini, mesin adalah satu hal yang sering dianggap sebagai titik lemahnya. Mesin Trabant hanyalah sebuah mesin kecil 500cc dengan kekuatan penuh sebesar 18 tenaga kuda. Meski begitu, saat produksinya di-stop pada tahun 1991, hampir 3,1 juta unit Trabant telah dibeli, kebanyakan dari area Jerman Timur dan negara-negara blok Timur.

Porsche 911
Harus diakui, mobil ini adalah definisi sesungguhnya dari "mobil sports produk Jerman". Model yang beredar saat ini adalah generasinya yang keenam dan masih tetap menggunakan arsitektur rear-mounted boxer engine khas mobil ini. Sketsa pertama mobil ini pertama digambar oleh Ferdinand Porsche dan memulai debutnya di 1963 Frankfurt Motor Show. Setahun kemudian, proses produksi 911 pun dimulai sampai sekarang.

BMW 507
Tokoh utama dibalik dibuatnya 507 adalah seorang importer mobil-mobil Amerika bernama Max Hoffman. Setelah melewati beberapa kegagalan uji coba, desain final yang dibuat oleh Albrecht von Goertz selesai pada tahun 1955. Mobil ini pertama kali muncul di Hotel Waldorf-Astoria di New York, Amerika Serikat. Menyambut antusiasme publik saat itu, mobil ini pun mulai diproduksi setahun kemudian hingga berakhir di tahun 1959.

Mercedes-Benz W114
Ini dia produk yang dianggap nenek moyang semua seri E-Class modern yang ada sekarang. W114 diperkenalkan pertama kali pada tahun 1968 dan menjadi mobil pertama yang Mercedes-Benz produksi setelah Perang Dunia II. Desainnya dikerjakan oleh Paul Bracq. Dibuat hingga mencapai 1,9 juta unit, model yang super sukses ini mempunyai tiga versi; 230, 250 dan 280.

0 komentar:

Posting Komentar