Teknologi-teknologi Mobil Paling Berguna di Tahun 2015 Nanti


Sumber: static.motorstop.asia

Dari Auto Show dan Car Expo di seluruh dunia yang tak terhitung banyaknya sepanjang tahun 2014, telah bermunculan fitur-fitur berteknologi canggih yang bermanfaat bagi keamanan dan kenyamanan berkendara. Apa saja kira-kira fitur teknologi mobil paling berguna yang akan banyak muncul di tahun 2015 nanti?

Adaptive Cruise Control
Menggunakan sistem radar, Adaptive Cruise Control mempertahankan jarak aman antara mobil Anda dengan kendaraan yang ada didepannya. Umumnya, sistem ini akan tidak aktif secara otomatis saat mobil di-rem, sehingga tetap berguna pada situasi lalu lintas apapun. Dengan Adaptive Cruise Control, mobil akan 'menjalankan' semuanya. Anda hanya perlu duduk santai dan berkonsentrasi penuh pada situasi jalan.

Forward-Collision Mitigation
Dasar kerjanya adalah memonitor objek apapun di jalan yang ada di hadapan mobil dan menilai data berdasarkan kecepatan dan arah mobil Anda. Saat tabrakan dinilai berpotensi untuk terjadi, sistem ini akan bekerja. Peringatan yang dihasilkan sistem ini beragam, mulai dari bunyi alarm sampai getaran di roda setir dan jok. Beberapa sistem ini bahkan bisa secara otomatis mengaktifkan rem mobil.

Touchscreen Infotainment
Adalah sebuah kontrol touchscreen sentral untuk audio dan fitur hiburan lainnya pada mobil, seperti telepon, iklim udara dalam mobil, navigasi, dan pengaturan fitur lainnya pada mobil.

Parking Assist
Cara kerja dasar sistem ini adalah menggunakan proximity sensors baik di depan maupun belakang mobil, yang akan berbunyi ketika Anda akan menabrak sesuatu. Perkembangan yang ada sekarang adalah, para produsen otomotif bahkan sudah mulai menawarkan fitur self-parking system yang bisa membantu menemukan ruang parkir kosong dan memarkir mobil secara otomatis.

In-Car Connectivity
Sebuah koneksi data internet di dashboard mobil yang menghasilkan akses Wi-Fi bagi berbagai peralatan. Sistem ini tentu akan sangat menyenangkan bagi Anda dan penumpang di dalam mobil, mulai dari anak-anak Anda yang sedang main iPads di kursi belakang, sampai istri/suami Anda yang tetap bisa melanjutkan pekerjaan di dalam mobil.

Auto Stop/Start
Adalah sistem yang secara otomatis akan mematikan mesin saat Anda menginjak pedal rem untuk berhenti dan kembali menyalakannya saat Anda menarik kaki dari atas pedal. Sistem ini tentu berguna untuk menghemat bahan bakar, terutama di lalu lintas perkotaan yang maju-berhenti-maju seperti Jakarta. Ingat, bensin justru tersedot lebih banyak saat mesin mobil dalam posisi idle (mesin menyala namun mobil tak berjalan).

0 komentar:

Posting Komentar