Bau-bau dari Mobil yang Harus Diwaspadai


Sumber: zigwheels.com

Bau terbaik yang bisa kita harapkan dari mobil adalah "bau mobil baru". Atau setidaknya, bau wangi dari pengharum interior mobil. Bagaimana dengan bau-bau dari mobil yang lain? Ternyata, ada beberapa bau-bauan yang patut diwaspadai karena menjadi pertanda awal masalah pada mobil. Apa saja?

Bau karet terbakar
Ini pertanda ada sesuatu yang longgar dan saling bergesekan secara tidak benar. Mungkin drive belt mobil lepas, atau ada selang yang beradu gesek dengan sesuatu yang berputar. Masalah pada rem juga bisa terjadi.

Bau minyak panas
Bisa jadi ada kebocoran oli yang mengalir ke sistem pembuangan. Seusatu yang tak seharusnya terjadi. Tengok ke bagian bawah mobil untuk mencari tahu apa ada tetesan oli bocor, atau apakah ada asap yang keluar dari mesin.

Bau bahan bakar
Kemungkinan ada kebocoran bahan bakar. Biasanya pada jalur injector bahan bakar atau tangkinya. Tanggulangi dengan serius bau ini, bau bahan bakar beresiko menyebabkan kebakaran pada mobil. Menyeramkan.

Bau karpet atau plastik terbakar
Yang satu ini memang agak aneh. Tapi apabila ada, coba cek kondisi sistem rem mobil Anda. Terutama apabila bau ini muncul saat proses mengemudi biasa.

Bau sirup manis
Mungkin memang enak kalau dihirup. Tapi sebaiknya jangan. Selain berbahaya bagi kesehatan, bisa saja ini adalah gejala awal kebocoran pada sistem pendingin mobil atau mesin. Kemungkinan disebabkan karena ada komponen yang retak.

Bau telur busuk
Menjijikkan ya? Bau ini adalah tanda ada masalah pada catalytic converter pada mobil yang kepenuhan dan tak bekerja dengan benar dalam mengubah hydrogen sulphide menjadi dioxide sulphur di sistem pembuangan.

0 komentar:

Posting Komentar