Nama-nama Julukan Mobil Paling Diingat (Bagian II)


Sumber: carpictures.com

Sepanjang sejarah otomotif, ada beberapa model mobil yang diingat bukan dari nama aslinya, melainkan dari nama alias populernya. Apa saja?

Volkswagen Type 147 - "Fridolin" atau "Contergan"
Pada tahun 1961, Kantor Pos Jerman meminta kepada Volkswagen untuk membuat sebuah kendaraan komersial yang akan digunakan untuk operasional kegiatan pos seperti mengantar surat dan paket. Masalahnya, Beetle terlalu kecil dan Transporter terlalu besar. Proyek mobil pos ini baru dijalankan tahun 1964 dan selama 10 tahun perjalanan produksinya, Volkswagen telah membuat sekitar 6000 unit Fridolin. Gosipnya, nama Fridolin diambil dari salah satu nama pegawai/pekerja Volkswagen.

Alfa Romeo GT - "Bertone"
Alfa Romeo GT coupe diluncurkan pada tahun 2003. Alfa Romeo dan firma desain Italia, Bertone, telah banyak bekerjasama untuk membuat desain mobil legendaris yang cantik. Jadi, ketika GT diluncurkan, para fans menyambut meriah dan dalam waktu sebentar saja GT menjadi salah satu icon otomotif di awal millenium baru.

Citroen Traction Avant - "Gangster Car"
Dalam bahasa Perancis, Traction Avant berarti "front wheel drive". Dan memang, mobil ini adalah salah satu yang pertama menggunakan sistem tersebut. Lebih dari 750,000 unit dibuat antara tahun 1934 sampai 1957. Avant juga mempunyai reputasi sebagai kendaraan militer yang sukses saat Perang Dunia II. Julukan Gangster Car ia dapat dari sebuah geng kriminal di Paris pada tahun 1940an yang selalu memakai mobil ini saat melakukan berbagai tindakan kriminal.

Ferrari 308 GTS - "Magnum"
Bersama 'saudaranya' 308 GTB yang berjenis coupe, 308 GTS bertipe targa diperkenalkan pertama kali pada tahun 1975. Hingga masa produksinya yang berakhir tahun 1985, GTS telah diproduksi sebanyak 13,000 unit. Untuk para fans berat Ferrari, GTS dianggap salah satu mobil terbaik yang pernah diproduksi perusahaan otomotif asal Italia. Mobil ini meraih kepopuleran komersial setelah menjadi kendaraan tokoh utama serial TV Magnum P.I.

Volvo P1800 ES - "Snow White's Coffin"
Banyak yang menganggap kalau mobil ini adalah salah satu mobil terindah di dunia. Popularitasnya meroket ketika Simon Templar, tokoh utama dari serial TV The Saints, menjadikannya tunggangan utama dalam beraksi. Nama julukannya sendiri berasal dari ukuran jendela P1800 yang besar, mirip peti tokoh kartun Snow White.

Fiat 126 - "Polski Fiat", "Bambino" atau "Maluch"
Si kecil 126 pertama diluncurkan pada tahun 1972. Mobil ini dibuat di Italia sampai tahun 1979 dan di Polandia antara tahun 1973 dan 2000, dibawah lisensi Fiat. Nama Polski Fiat sepertinya memang didapat dari lokasi tempatnya dibuat. Sedangkan Bambino dan Maluch adalah bahasa Italia dan Polandia untuk "anak kecil".

Citroen 2CV - "Deuche", "Tin Snail", "The Goat", dan "The Ugly Duckling"
Inilah salah satu mobil yang bisa dibilang sama pentingnya dengan Beetle di indutri otomotif Eropa. Citroen 2 CV diproduksi selama kurang lebih 42 tahun, dari tahun 1942 hingga 1990. 2CV menjadi begitu terkenal karena kemunculan di film-film layar lebar dan harga serta perawatannya yang terjangkau. Orang Perancis memanggilnya Deuche, La Bete (The Beast) dan Parapluie sur roues (umbrella on wheels). Panggilan mobil ini di negara lainnya pun beragam; di Inggris ia dipanggi Dolly atau Tin Snail, Jerman memanggilnya Die Ente (The Duck), orang Spanyol menyebutnya Patito Feo (The Ugly Duckling), dan orang Yugoslavia menamainya Spacek (The Freak).

0 komentar:

Posting Komentar