Apa Saja Museum Mobil Paling Terkenal di Dunia?


Sumber: hemmings.com

Untuk para pencinta otomotif, mobil tua, antik dan klasik sudah pasti tak ternilai harganya. Untuk kepentingan itulah, terdapat museum-museum mobil yang tersebar di seluruh dunia. Semua museum ini rata-rata memang dibuka untuk umum dan menyimpan tipe mobil yang berbeda. Apa dan dimana saja museum-museum mobil/otomotif yang paling terkenal di dunia?

National Motor Museum
Museum ini berdiri pada tahun 1952 dan berlokasi di Hampshire, Inggris. Sang pendiri, E.D.S Montagu awalnya menamai museum ini Montagu Motor Museum untuk mengenang almarhum ayahnya. Beberapa mobil paling spesial dan iconic ada di dalam museum ini, seperti Sunbeam 1000 HP dan Bluebird CN7.

Gilmore Car Museum
Terletak di Michigan, Amerika Serikat, museum yang didirikan pada tahun 1966 ini memiliki koleksi sekitar 200 mobil. Kebanyakan mobil yang dipajang adalah mobil-mobil tahun 1960an dan locomobile dari tahun 1899. Salah satu koleksi utama museum ini adalah 2 mobil balap tenaga surya buatan University of Western Michigan yang dinamai Sunchaser dan Stanley Steamer.

Canadian Automotive Museum
Pada tahun 1961, sekelompok pebisnis mendirikan museum yang terletak di kota Ontario, Kanada, ini. Museum dengan koleksi mencapai kurang lebih 65 mobil ini seakan menggambarkan seluruh sejarah industri dan otomotif negara Kanada.

Musee de l'Aventure Peugeot
Didirikan oleh klan keluarga Peugeot pada tahun 1988, museum ini merangkum semua evolusi kendaraan asal Perancis ini sejak tahun 1891. Terdapat 450 mobil yang dipamerkan dalam museum ini. Koleksinya juga mencakup beberapa sepeda dan sepeda motor pilihan.

Southward Car Museum
Museum kebanggan Selandia Baru ini mempunyai 250 mobil koleksi dan dijalankan oleh sebuah badan amal. Beberapa mobil paling terkenal yang dipajang dalam museum ini adalah mobil reli Indianapolis tahun 1915, Rolls Royce milik Marlene Dietrich dan sebuah Mercedes-Benz dengan pintu gull wing.

0 komentar:

Posting Komentar