Original Hatchback yang Legendaris


 Sumber: imcdb.org

Dibawah ini adalah beberapa hatchback orisinal yang mempunyai performa dan style legendaris. Mobil-mobil hatchback ini mau tak mau telah mengubah dan mentransformasikan cara pandang orang tentang sebuah produk otomotif. Kemunculan mobil-mobil hatchback ini membuat orang bisa tetap menikmati dunia otomotif tanpa harus mempunyai Porsche (misalnya).

VW Golf GTI Mk I
Pemilik gelar "Volkswagen Tercepat yang Pernah Dibuat" ini memulai debutnya pada tahun 1975 di Frankfurt Motor Show. Penampilannya manis, namun tetap 'berotot'. Definisi GTI berasal dari kata "gran turismo" untuk GT dan "injection" untuk I. Dengan berat total hanya 810 kg, Golf mampu berlari dari 0-60 mph dalam waktu 9 detik dan berkecepatan penuh 110 mph. Sebuah top speed yang mungkin kecil untuk masa sekarang, tapi, bayangkan angka kecepatan itu saat muncul 40 tahun yang lalu.

Renault 5 GT
Di tahun 1985 Renault meluncurkan  5 GT Turbo ini, menawarkan sebuah paket berperforma tinggi dari sebuah mobil kecil. 5 GT dirancang oleh desainer Lamborghini Countach, Marcello Gandini. Kekuatan si kecil-kecil cabe rawit ini datang dari mesin Renault 11, sebuah unit 1.4 liter yang dilengkapi oleh Garret T2 Turbo dan sebuah air-to-air intercooler. Di tahun 1985, tenaga ini cukup menakutkan untuk sebuah mobil kecil yang hanya berbobot 853 kg.

Peugeot 205 1.9 GTI
Sebelum Peugeot merilis model ini, mereka dianggap merk yang sedikit membosankan. Namun saat 205 diluncurkan pada tahun 1983, pendapat tersebut dengan cepat hilang, terutama ketika versi 1.6 liter. 205 mempunyai stiffened suspension, mesin 105 bhp dan tampilan sporty yang membantunya untuk bersaing dengan para rival. Pada tahun 1987, Peugeot menaikkan persaingan pasar hatchback dengan memperkenalkan 205 GTI 1.9 liter yang lebih bertenaga dibanding versi 1.6 liter.

Renault Clio Williams Edition
Saat Clio Williams diluncurkan tahun 1993, Renault hanya memproduksinya sebanyak 3.800 unit. Namun popularitas Clio menanjak cepat hingga Renault terpaksa harus membuat model Williams Two dan Three untuk memenuhi permintaan. Clio juga mempunyai status top hatchback di pasaran dengan statistik 0-60 mph yang dapat ditempuh dalam waktu 7,8 detik. Sistem chassis dan suspensi-nya membuat Clio Williams stabil bagaikan berlari di rel.

Ford Fiesta XR2
Fiesta XR2 pertama muncul di tahun 1981, 5 tahun sesudah versi Fiesta standar rilis. XR2 versi pertama memiliki mesin 1.6 liter Crossflow Kent. Meski berumur pendek dan proses produksinya tak dilanjutkan lagi, XR2 menjadi seri Fiesta yang paling laku, bertanggung jawab atas 50% total penjualan merk ini.

0 komentar:

Posting Komentar