Mobil-mobil Langka Buatan Rusia


Sumber: automanas.lt

Sejak saat masih bernama Uni Soviet, maupun sudah berubah menjadi Rusia, negara ini selalu menghasilkan karya dan produk otomotif yang unik dan diluar nalar. Mulai dari prototipe yang tak sempat masuk proses produksi hingga kendaraan unik yang dibuat dengan penuh antusias, berikut adalah beberapa mobil buatan Rusia yang telah memberikan kesegaran di dunia otomotif.

Katran
Sebuah mobil custom yang dibuat dengan antusias oleh sekelompok orang asal Sevastovol (sekarang bagian dari Ukraina). Luar biasanya, menurut laporan Sputnik Magazine, Katran mempunyai sebuah suspensi independent dan semacam sistem electronic cruise control yang bisa menahan mobil dalam kecepatan konstan walau sedang melewati jalan menurun sekalipun.

Yuna
Mobil sports ini lahir dari gairah otomotif Yuri Algebraistov. Nama mobilnya diambil dari nama seorang insinyur yang telah membantu dan nama istrinya (Natasha). Meski dibuat pada tahun 1982, Yuna menjadi satu-satunya custom sports car buatan Rusia yang masih dapat dioperasikan hingga sekarang.

Laura
Laura dibuat oleh 2 orang insinyur asal St. Petersburg, Dmitri Parfenov dan Gennady Hain. Laura disokong oleh mesin 1.5 liter sekuat 77 tenaga kuda, plus sistem front-wheel drive. Laura mampu berlari hingga 105 mil/jam. Dua unit Laura pertama dibuat tahun 1982, dan sempat dipuji langsung oleh pemimpin komunis Soviet saat itu, Mikhail Gorbachev. Saat ini, kedua Laura dipajang di museum.

Pangolina
Dibuat oleh Aleksandr Kulygin pada tahun 1983. Menggunakan body dari fiber glass, tenaganya didapat dengan meminjam mesin VAZ-2101. Desainnya bisa dibilang sangat terinspirasi dari Lamborghini Countach. Mobil ini masih eksis hingga sekarang dan rajin muncul di beberapa custom car show.

AZLK-2142
Pertama kali diluncurkan pada tahun 1990 dengan embel-embel mobil modern pertama yang pernah dibuat oleh AZLK. Mobil ini dijadwalkan masuk masa produksi 2 tahun kemudian, saat perusahaan ini memperkenalkan mesin generasi baru, Moskvich-414. Sayang, jatuhnya Uni Soviet, mangkatnya General Manager mereka, V.P. Kolomnikova, yang berujung pada kurangnya pendanaan, membuat proyek ini akhirnya terbengkalai.

NAMI-0284
0284 dikembangkan oleh Russian Institute of Automobiles and Automotive (NAMI) dan merupakan sebuah prototipe city car mini dengan sistem front-wheel drive. Prototipe ini pertama kali muncul di hadapan publik saat Geneva Motor Show bulan Maret 1988 dan meninggalkan kesan impresif. Mesinnya adalah 0.65L "Okie" yang diambil dari VAZ-1111 dan telah dilengkapi oleh assisted clutch elektronik dan cruise control system. Meski mesinnya hanya mampu membuat 35 tenaga kuda, ia tetap bisa melaju hingga secepat 90 mil/jam.

ZIL-4102
Dibuat sebagai limousine elit untuk para pejabat Partai Komunis saat akan berparade di Moskow. Dua buah prototipe sempat dibuat pada tahun 1988 dengan 3 pilihan mesin; 4.5L V6, 6.0L V8 dan 7.0L diesel. Sayangnya, Mikhail Gorbachev tidak terlalu terkesan dengan mobil ini dan tidak menyetujui produksinya dilanjutkan.

0 komentar:

Posting Komentar