Mempersiapkan Mobil untuk Menembus Musim Hujan


Sumber: s3.travel.india.com

Musim hujan yang dingin sudah mulai datang kembali. Apa saja yang harus kita persiapkan agar mobil siap menghadapi tantangan cuaca dingin, hujan dan banjir selama beberapa bulan ke depan?

Baterai (aki) - kerusakan baterai adalah penyebab paling umum dari mogok. Temperatur yang dingin terbukti dapat mengurangi kapasitas tenaga dari baterai. Bila sudah berusia lebih dari 3 tahun, ada baiknya kondisi baterai diperiksa.

Lampu-lampu - periksa kondisi dan apakah semua bola lampu-lampu pada mobil bekerja dengan baik. Pastikan lampu dalam keadaan bersih dan sinarnya menuju ke arah yang seharusnya. Jangan lupa bersihkan lampu secara teratur.

Wiper blades - ganti apabila sudah saatnya. Sebelum musim hujan datang, cepat ganti apabila kondisinya telah usang.

Ban - pastikan semua roda selalu mempunyai tekanan dan inflasi udara yang sempurna. Jangan lupa bawa ban cadangan.

Jendela - percaya atau tidak, membersihkan jendela ternyata penting untuk visibilitas mengemudi saat musim hujan.

Alat-alat saat keadaan darurat - selalu siap untuk kondisi terburuk. Anda bisa saja terjebak di tengah banjir kapan saja, dimana saja. Siapkan dalam 1 tempat barang-barang ini; senter beserta baterai dan bohlam cadangannya, kabel jumper, segitiga keadaan darurat, obat-obatan untuk pertolongan pertama, selimut tebal, air minum cadangan, peta, dan bahkan telepon genggam cadangan untuk saat keadaan darurat.

Bahan bakar - jangan tunggu sampai benar-benar kosong untuk mengisi bahan bakar. Apalagi jika jarak yang harus ditempuh relatif jauh. Setidaknya, mesin dapat terus menyala ketika hal-hal darurat yang tak diinginkan seperti terjebak kemacetan panjang atau banjir menimpa Anda.

0 komentar:

Posting Komentar