Cek Kondisi Busi dari Warnanya


Cek Kondisi Busi dari Warnanya
(foto: amazon.com)

Di samping memiliki tugas yang sangat vital sebagai penunjang sistem pengapian di ruang bakar, busi menjadi komponen pengapian yang paling singkat usianya. Oleh karenanya, dari tampilan busi yang pernah dipakai, akan terdeteksi bagaimana kondisi mesin kendaraan Anda.

Kinerja mesin akan diketahui ketika busi mulai berwarna putih kering. Apabila mesin sedang dalam keadaan normal, kepala busi akan berwarna kecoklatan. Sementara itu, ketika mesin terlalu boros bahan bakar, maka busi akan berubah warna menjadi kehitaman. Sedangkan bila busi berwarna putih, tandanya mesin disetting terlalu irit.

Settingan mesin semakin irit memang baik, namun akan menjadi petaka apabila settingan tersebut terlalu dipaksakan karena akan berdampak buruk bagi komponen lain. Salah satunya, karburator. Rapatnya klep, akan menyebabkan keringnya ruang karburator. Alhasil, mesin akan cepat panas dan cepat aus.

Satu hal yang perlu diingat juga bahwa usia busi memang singkat, yakni mencapai 6000 hingga 7000 km pemakaian. Ketika dirasa busi sudah menghasilkan pengapian yang kecil, artinya Anda memang sudah harus segera melakukan penggantian.






(sumber: otosia.com)

0 komentar:

Posting Komentar